Ideas that I find in my head, written here ...............

Monday, March 09, 2009

Kesuksesan Percetakan pada Waktu yang Tepat

Di Indonesia, sekarang ini mendekati masa-masa kampanye untuk menyambut Pemilu bulan April depan. Demikian banyaknya partai tentunya membutuhkan media publikasi untuk memperkenalkan diri mereka kepada masyarakat luas. Tujuan mereka tentu saja agar bisa menang saat Pemilu nanti.
Publikasi yang biasanya digunakan partai politik berupa poster, baliho, spanduk, maupun kaos. Nah, bukankah semua itu membutuhkan jasa percetakan?
Untuk memanfaatkan keadaan yang hanya berlangsung lima tahun sekali ini, percetakan adalah usaha yang paling tepat untuk diimplementasikan.

Mari kita mendirikan usaha percetakan.

Sekedar usaha dadakan pun tidak masalah. Anda bisa memilih tipe percetakan berikut:
1. Percetakan mandiri, atau
2. Percetakan semi mandiri

Percetakan mandiri berarti Anda mendirikan sebuah percetakan, percetakan poster misalnya. Mulai dari alat cetak, bahan dasar berupa kertas dan sebagainya, tenaga untuk menjalankan, modal, dan apapun yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan percetakan Anda penuhi sendiri dengan modal pribadi Anda. Tak ketinggalan promosi harus Anda lakukan untuk menarik minat konsumen. Jika para konsumen tertarik pada percetakan yang Anda dirikan, mereka akan memesan di tempat Anda. Dan sedikit demi sedikit keuntungan akan menghampiri Anda. Keuntungan yang Anda ambil bisa sebesar mungkin, asalkan masih tetap dapat bersaing dengan harga pasar. Namun perlu diingat bahwa modal mendirikan percetakan terbilang cukup besar. (Maaf, angka pastinya saya kurang tahu)

Percetakan semi mandiri dimaksudkan untuk Anda yang tidak mampu untuk melakukan pengadaan peralatan percetakan dan tenaga kerja serta modal lainnya. Anda tetap berpeluang mendapatkan pemenuhan kantong Anda. Caranya adalah dengan membuka tempat pemesanan percetakan. Anda adalah sebagai perantara antara konsumen dan perusahaan percetakan.
Anda bisa mempromosikan perusahaan Anda sebagai penerima jasa percetakan. Tapi nantinya, setelah ada orang yang memesan kepada Anda, Anda meneruskan pesanan itu kepada perusahaan percetakan yang sebenarnya (yang menerima jasa cetak). Kemudian percetakan tersebut yang akan mengerjakan pesanan yang Anda terima dari konsumen. Hasil kerja percetakan itu yang Anda berikan ke konsumen tadi.
Jika ada banyak pemesan di tempat Anda, pesanan Anda ke percetakan akan semakin banyak pula. Semakin banyak jumlah pesanan yang Anda ajukan ke percetakan, harganya akan semakin murah, namun harga yang Anda berikan ke konsumen adalah harga normal sebagaimana promosi yang Anda lakukan dulu. Selisih harga itu yang akan menjadi keuntungan Anda.
Dengan cara ini, Anda tidak perlu memiliki modal besar untuk awalnya. Anda hanya perlu melakukan pengamatan terhadap percetakan-percetakan yang tersebar di sekitar Anda, kemudian jika memungkinkan menjalin kerja sama dengan mereka. Kualitas pun harus Anda amati dari tiap-tiap percetakan, agar tidak mengecewakan konsumen. Ada baiknya Anda mempunyai link dengan beberapa perusahaan percetakan agar Anda bisa mempunyai banyak pilihan saat Anda akan meneruskan pesanan yang datang kepada Anda.
Keuntungan finansial dari sistem yang kedua ini memang tidak sebesar sistem pertama tadi karena keuntungan dari konsumen secara tidak langsung dibagi dua, antara Anda dan perusahaan percetakan yang menjadi mitra Anda. Namun resiko yang Anda tanggung tergolong kecil. Paling-paling kerugian terbesar yang Anda tanggung jika tidak laku adalah waktu, tenaga, dan biaya promosi saja. Selain itu tidak ada lagi.

Selanjutnya, sistem mana yang akan Anda pilih, merupakan pilihan pribadi Anda masing-masing.

Selamat mencoba peruntungan pada era Pemilu kali ini!
Selamat mendirikan Percetakan!!
Semoga Dewi Fortuna bersama Anda!

Post a Comment

Followers