Ideas that I find in my head, written here ...............

Monday, March 23, 2009

Blog, Ladang penghasilan yang cukup menjanjikan (1)

Blog. Tentu saja teman-teman sekalian akrab dengannya. Pastinya begitu, karena yang sedang Anda baca sekarang adalah salah satu dari sepuluh juta blog yang ada di dunia saat ini. Teman-teman mungkin juga telah merawat satu atau beberapa halaman blog.
Keakraban kita dengan yang namanya blog sepertinya akan semakin menguntungkan. Salah satunya kita bisa menambal kantong kita dari hasil menulis di blog. Tentu saja penghasilan itu tidak begitu saja datang sesaat setelah kita menciptakan sebuah blog. Namun mengikuti beberapa tahap.
Saya tak menyarankan teman-teman yang telah memiliki pengalaman dalam hal ini untuk melanjutkan membaca artikel ini. Jika tak keberatan, saya mohon pembenaran dari tulisan ini jika menurut saudara ada bagian yang salah.
Kita lanjutkan bahasan tentang blog ini ya?!
Penghasilan di blog bisa dikronologiakn sebagai berikut:
Kita membuat blog. Kemudian kita mengatur tampilan dan mengisi blog kita. Menerbitkan artikel yang menjadi tema dalam blog yang Anda kelola. Mendaftar ke perusahaan yang menjembatani antara pemasang iklan dengan pengelola blog dan web page. Memasang iklan di blog Anda. Jika iklan yang terpasang itu dilihat dan di-klik oleh pengunjung, Anda bisa mulai menyimpan dolar dalam kantong Anda.
Kira-kira seperti itulah alur memanfaatkan blog untuk memenuhi kantong kita. Mari kita bahas. (Tapi tidak semua akan saya tulis di artikel kali ini, bahasan selanjutnya akan saya tulis di artikel-artikel selanjutnya).
Yang pertama tentu saja membuat blog. Tak ada salahnya kita pelajari lagi meskipun kita sebagian besar dari kita sudah mahir membuat halaman blog. Ada beberapa layanan penyedia blog gratisan. Yang paling sering digunakan adalah melalui blogger (www.blogger.com) dan wordpress (www.wordpress.com). Karena halaman ini ada di blogger, saya bahas yang lewat blogger dulu ya! (membuat blog melalui wordpress akan saya tulis di bagian lain).
Caranya cukup mudah ( menurut blogger.com hanya membutuhkan 3 langkah).
1. Buka www.blogger.com
2. Jika Anda ada di wilayah Indonesia, klik pada “Ciptakan Sebuah Blog”. (jika ada di luar wilayah Indonesia, bahasa otomatis akan diset pada bahasa di tempat Anda membuka www.blogger.com).
3. Di halaman kedua ini (Ciptakan Sebuah Akun Google), Anda diminta mengisi formulir yang tersedia di sana. Kemudian klik “Lanjutkan”.
4. Halaman berikutnya Anda diminta mengisi Judul Blog (Creative Ideas, misalnya) dan Nama Blog (ide17, misalnya). Kemudian klik “Lanjutkan”. Jika Nama Blog sudah dipakai orang lain, halaman berikutnya tidak akan terbuka. Ulangi langkah ini sampai Nama Blog tersedia dan halaman selanjutnya terbuka.
5. Di halaman ini, Anda dapat memilih “Template”. Pilih sesuai selera Anda dan sebaiknya dipilih warna yang bersahabat dengan mata, misalnya putih atau krem atau warna-warna yang kalem. Setelah menentuka pilihan, klik “Lanjutkan”.
6. Anda siap mengisi blog Anda sekarang.
7. Jika ingin Log In pada waktu yang lain, gunakan saja alamat email dan password yang tadi Anda masukkan di langkah ke-3.
8. Selamat memperbaharui dan menulis artikel di blog Anda.
Sebelum saya lupa, untuk mendapatkan penghasilan lewat blog, artikel yang Anda tulis sebaiknya ditulis dalam bahasa Inggris. Paling tidak 50:50 porsi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Jika tidak, perjalanan Anda dalam mempertebal kantong akan terhenti karena masalah bahasa yang tidak compatible dengan layanan penyedia iklan.
Setelah mem-posting artikel (paling tidak ada sudah ada 5 artikel di blog Anda), Anda dapat mendaftar di Google AdSense atau AdBrite atau yang lain. Untuk hal pendaftaran di Google AdSense akan saya tulis di artikel selanjutnya. Jadi jangan bosan-bosan mengunjungi blog saya ini ya?!
Salam!
Bersambung...............

Post a Comment

Followers